ACICIS Gandeng KUI Gelar Program STPP Datangkan Mahasiswa Australia University General

Australian Consortium for 'In-Country' Indonesian Studies (ACICIS) kembali menyelenggarakan program Sustainable Tourism Professional Practicum (STPP) dengan menggandeng Kantor Urusan Internasional. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tahun 2025 dengan mendatangkan mahasiswa internasional asal Australia. Rencana pelaksanaan program STPP ini telah dibahas dalam beberapa kali pertemuan online dan untuk lebih mematangkan lagi persiapan, pertemuan luring telah dilakukan pada Rabu (24/04) bertempat di Kantor KUI Jimbaran. Selain Tim KUI dan partner visa Unud, turut hadir di pertemuan tersebut, perwakilan ACICIS, Dr. Adrian Budiman dan Wilia Paramitasari.

Mengawali pertemuan ini perwakilan ACICIS memperkenalkan program STPP dimana ACICIS sudah beberapa kali menggelar kegiatan ini sebelum pandemi. Pasca pandemi, ACICIS kembali merencanakan kegiatan ini dapat berjalan di beberapa universitas di Indonesia, termasuk di Universitas Udayana. Selama dua minggu mahasiswa akan belajar Bahasa Indonesia di Unud untuk academic program dan kemudian melakukan program internship selama empat minggu di beberapa perusahaan ataun NGO di Bali. 

Pembahasan mendalam meliputi schedule kegiatan, proses perijinan, serta detail kerjasama lainnya dilakukan agar dalam penyelenggaraan program ini dapat berjalan sesuai harapan bersama. Koordinator KUI Senja Pratiwi, Ph.D mengapresiasi penawaran ACICIS untuk melibatkan civitas Universitas Udayana dalam kegiatan ini. Ia berharap dengan kembali diselenggarakannya program ini setelah vakum selama covid dapat membuka jalan yang lebih lebar lagi untuk mahasiswa internasional asal Australia agar dapat memilih Unud sebagai tempat belajar mereka. Ia juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar sehingga selalu memilih Unud sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ACICIS di setiap tahunnya.