Buka Peluang Lebih Besar Bagi Calon Awardees KUI Gelar Sosialisasi IISMA Co-Funding University General

Antusiasme mahasiswa Universitas Udayana mengikuti Program IISMA baik batch reguler maupun vokasi semakin tinggi dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya jumlah pendaftar IISMA pada tahun 2024 dan pencapaian terbesar dalam tiga tahun terakhir dapat dilihat di tahun ini dimana 23 orang mahasiswa Universitas Udayana berhasil lolos sebagai Awardee. Para awardee IISMA Unud akan menempuh studi satu semester di perguruan tinggi bergengsi di Asia, Eropa, dan Australia. 


Tidak hanya batch IISMA Reguler dan Vokasi, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang lebih luas lagi bagi mahasiswa Indonesia untuk dapat menempuh study satu (1) semester di universitas di luar negeri dengan skema lain dari IISMA yaitu IISMA Co-Funding. Sehingga mahasiswa yang belum beruntung lolos di periode sebelumnya dapat mengikuti IISMA Co-Funding ini. Yang lebih menggembirakan lagi, IISMA Co-Funding kuota penerimaannya juga ditingkatkan berkali-kali lipat sehingga bisa mengakomodir besarnya minat dan antusias mahasiswa Indonesia.


Untuk menyebarkan informasi mengenai IISMA Co Funding ini serta untuk meningkatkan semangat mahasiswa khususnya Universitas Udayana, Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud pada Jumat (19/04) menggelar sosialisasi IISMA edisi Co-Funding secara daring. Acara khusus mengundang Ketua IISMA Pusat Dr.Eng. Rachmat A. Sriwijaya, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng dan Manajer Kemitraan IISMA Pusat Hilda Cahyani, Ph.D. sebagai narasumber. Acara ini diikuti oleh perwakilan KUI dan mahasiswa tidak hanya dari Unud saja tapi dari luar Unud juga.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana, Prof. Ir. I Ketut Sudarsana, S.T.,Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bapak Rachmat dan jajarannya selaku Tim IISMA Pusat serta berterimakasih atas kerja keras KUI Unud dalam mendukung program IISMA. Beliau juga memberikan semangat kepada para mahasiswa dan berpesan agar menggunakan kesempatan sosialisasi ini untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk melancarkan para calon awardees mengikuti seleksi IISMA Co-Funding sampai lolos seleksi. 


Andi Rahadiyan Wijaya, Ph.D - Manajer Bidang Umum dan Administrasi Program IISMA yang mewakili Ketua IISMA membuka resmi acara ini dengan memberikan pesan untuk para calon awardees agar tetap semangat dan berjuang sepenuhnya untuk dapat lolos sebagai awardees, karena peningkatan kuota penerimaan awardees IISMA Co Funding cukup drastis tahun ini, sehingga membuka peluang lebih besar bagi mahasiswa yang mengikuti seleksi.


Pemaparan materi serta bimbingan teknis terkait pendaftaran di portal IISMA Co-Funding dibawakan oleh Hilda Cahyani, Ph.D. Dalam sesi ini disampaikan hal-hal teknis yang harus mendapat perhatian khusus bagi calon awardees. Mengakhiri sesi ini dibuka sesi diskusi yang diikuti antusias oleh para peserta yang berjumlah lebih dari 100 orang ini.


Koordinator KUI Unud Senja Pratiwi, Ph.D berharap dengan adanya sosialisasi ini, dapat memberikan informasi yang lebih detil lagi bagi para mahasiswa guna memperlancar proses menuju calon awardees IISMA Co-Funding. Selain itu Senja berharap, sama seperti IISMA Reguler dan Vokasi, jumlah awardees IISMA Co Funding dari Unud dapat meningkat secara signifikan pula.