KUI Universitas Udayana sasar UMKM di Bali dalam Program ICDP 2023 bersama Binus University University General

Universitas Udayana melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) bekerjasama dengan Binus University menggelar acara International Community Development Program (ICDP) 2023 pada 28 Agustus hingga 2 September 2023. Acara dibuka resmi oleh Koordinator KUI Dr.Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST, MT, M.Eng, IPM pada Senin (28/8) bertempat di Kantor KUI Jimbaran yang kemudian dilanjutkan orientasi program ini.


ICDP merupakan program yang memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa domestik serta negara sahabat yang berpartisipasi untuk memperkaya pengetahuan dalam studi mereka. Program ini melibatkan campuran peserta dari mahasiswa Unud dan Binus serta peserta dari universitas internasional terkemuka seperti Universiti Malaya di Malaysia, Panpacific University di Filipina, dan Dong Nai Technology University di Vietnam. Kolaborasi lintas negara ini meningkatkan pertukaran budaya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya bagi semua peserta.


Pada hari kedua (29/8) dalam rangkaian kegiatan ini, para mahasiswa memiliki kesempatan unik untuk berinteraksi dengan pemangku kepentingan dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yakni UC Silver dan Pie Susu Ajik, dan kemudian setelah interaksi ini, pada hari ketiga (30/8) dan keempat (31/8) para peserta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan berkolaborasi untuk merumuskan solusi inovatif. Pendekatan pembelajaran ini diharapkan dapat menghubungkan teori akademis dengan situasi dunia nyata serta memberdayakan mahasiswa untuk memberikan kontribusi yang nyata. Hari terakhir rangkaian acara ini digelar gallery walk pada jumat (1/9) yang diisi dengan pameran hasil dari inovasi dan solusi yang peserta tawarkan untuk umkm tersebut, acara ini mengundang perwakilan dari dinas-dinas terkait dan mahasiswa Unud.


Dr.Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST, MT, M.Eng, IPM menyampaikan bahwa, “Senang bisa berkolaborasi dengan BINUS yang merupakan universitas top nasional. Dalam International Community Development Program ini mahasiswa udayana dapat bergabung dengan mahasiswa asing dalam mengaplikasikan design thinking sehingga wawsan anak- anak menjadi lebih kreatif dalam memecahkan masalah. Semoga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan lagi dan program ini bisa berkelanjutan” Ungkapnya.


Debby Sonita Lubis, S.Psi., M.Soc.Sc., selaku International Office Manager BINUS University dan sekaligus ICDP Project 2023, berbagi pandangannya mengenai signifikansi program ini, "ICPD merupakan bukti komitmen kami untuk mendorong perkembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.