Ratusan Peserta Hadiri Japan Day 2024 “Informasi Beasiswa dan Pendidikan di Jepang” University General

Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana dan Persatuan Alumni dari Jepang (Persada) Bali yang didukung oleh Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar dan Bali Japan Club menggelar “Japan Day 2024 – Informasi Beasiswa dan Pendidikan di Jepang” pada Sabtu, 16 Maret 2024, bertempat di Kampus Universitas Udayana Denpasar. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan peserta dari kalangan mahasiswa dan pelajar berbagai perguruan tinggi/sekolah di Bali.


Kegiatan ini diawali dengan presentasi oleh Ketua Persada Bali (Perhimpunan Alumni dari Jepang) Prof. Dr. Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc membagikan pengalaman mereka selama menempuh pendidikan di Jepang dan memberikan motivasi dalam mendapatkan beasiswa ke Jepang. Yang dilanjutkan dengan presentasi dari Perwakilan JASSO (Organisasi Pelayanan Mahasiswa Jepang) yang memberikan informasi studi di Jepang mulai dari persiapan sebelum kuliah di Jepang, biaya pendidikan, biaya hidup hingga tips kehidupan mahasiswa Indonesia di Jepang, dan juga dikenalkan beberapa beasiswa yang tersedia untuk studi ke Jepang. Selain itu juga ada pengenalan informasi beasiswa MEXT (Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) Jepang yang menawarkan program Specialized Training College, College of Technology, Under Graduate (S1), dan Research Student untuk persiapan melanjutnya program S2/S3. Beasiswa MEXT Jepang juga menawarkan program non-degree yaitu Japanese Studies untuk mahasiswa Sastra Jepang, dan juga ada program pelatihan guru-guru (Teacher Training).


Rektor UNUD, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D., IPU mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa-mahasiswa Bali untuk mendapatkan informasi secara lebih mendalam tentang tata cara mendapatkan beasiswa dan menempuh pendidikan di Jepang. Menurutnya, anak-anak muda Bali perlu untuk belajar ke luar negeri seperti Jepang dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia.

Wakil Konsul Jenderal Jepang di Denpasar, ADACHI Mayuko menyampaikan kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah mahasiswa dari Bali yang menempuh pendidikan di Jepang, baik melalui program beasiswa maupun biaya mandiri.

Koordinator KUI Unud, Senja Pratiwi, Ph.D sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini dan sangat senang melihat antusias ratusan peserta yang hadir memeriahkan acara ini.